Mengatasi Knalpot Jupiter MX Meledak – Ledak Kayak… MERCON…!!

Halo bro semuanya… kabar baik khan…

Kali ini berdasarkan pengalaman touring saya, Bareng temen-temen, dengan rute Jogja – Indramayu sejauh 438 km selama 15,5 jam, Nah, Perjalanan dimulai jam 5 pagi dengan membawa 10 motor, ada 2 jupiter MX baru…

Dengan durasi perjalanan selama 2 jam kemudian istirahat selama rata-rata 45 menit… ketika sampai di daerah bumiayu, siang, panas jam 14.30 sore… setelah berhenti sejenak karena ada kereta api lewat di pintu perlintasan, begitu kereta selesai lewat dan motor mulai berjalan kembali, mendadak knalpot Jupiter MX ada bunyi ledakan – ledakan kecil… dan saat itu pula, tenaga motor tersebut turun drastis, di gas nggak mau jalan dan di gas keras malah jalanya tersendat – sendat… 🙄

Terus apa tuh yang terjadi? gimana cara ngatasinya?

Saya coba cari di Mbah google nggak ketemu, baru coba tanya ama yang berkompeten di bidangnya… ternyata ada beberapa yang punya keluhan seperti diatas, dan kadang Jupiter MX ada masalah dengan Panas… Loh kok?

Yup, Kalo masalahnya seperti apa jelasnya, orang yang berkompeten pun kurang paham, di indikasikan karena panas dan sistem pendingin dan aliran udara terhambat… dugaan lain yaitu overheat. Baru dugaan sih… tapi cara ngatasinya ada…!!

💡 Pertama… Langsung Istirahat dan Matiin mesin, Usahakan cepet dingin tanpa disiram air… ya iyallah…

Nah terus begitu dingin, panasin motor dengan terlebih dahulu memompa oli… caranya dalam kondisi kontak off, gunakan starter kick beberapa tarikan, kalo udah, nyalain lagi deh  dengan starter kick…lalu  dipanasin dulu… sebelum dipake jalan lagi.

Dari sumber yang lain bilang kalo motornya kurang oli, yang harusnya 0,8 liter menjadi 0,7 liter kemudian dipaksa jalan jauh.

Kalo kasus kemaren langsung diistirahatin doank… disaranin sih cek di bengkel, apalagi kalo ada bunyi ngoroknya…

Kalau masih dipaksa jalan, bisa overheat…!

Oh iya, kalo mau turing, disaranin pake oli yang tahan panas dan kental, Yamalube kali yach… Mungkin bro sekalian bisa membantu?

Moga bermanfaat… Silahkan Kritik, Saran Dan Tanggapanya…

Mercon Motors (MnM)

21 Responses to “Mengatasi Knalpot Jupiter MX Meledak – Ledak Kayak… MERCON…!!”
  1. jaos June 6, 2010
  2. jaos June 6, 2010
  3. jaos June 6, 2010
  4. daris June 6, 2010
  5. andisust June 6, 2010
  6. karismanis June 6, 2010
  7. rafiq June 6, 2010
  8. Trizilo June 7, 2010
  9. blognyamitra June 7, 2010
  10. LPG June 7, 2010
  11. engineblock82 June 7, 2010
  12. Rizqi Perdana June 11, 2010
  13. Mercon C June 11, 2010
  14. imung July 14, 2010
  15. bramantyo August 2, 2011
  16. eki May 31, 2012

Leave a Reply