Masa Pandemi, Ketika Berkendara Pakai Masker tapi Nggak pakai Helm

Halo semua 😀 , Judul diatas mungkin terjadi dimana saja, tapi yang paling jelas ya di bali ini, khususnya di Bulan Juli 2020, dimana resiko gak pake masker lebih ditakuti dibanding gak pake helm.

Kalo di Bali, nggak pake masker diluar rumah atau saat riding di jalan bakal kena denda, kontras begitu berada di jawa timur, justru yang pake masker malah bisa dihitung.

Beda tempat beda juga konsekuensi kalo ketahuan nggak pake masker saat diluar rumah, mulai dari denda antara 50 ribu – 150 ribu, atau bayar denda berupa beras 5 kg, kayak zakat fitri aja :mrgreen:

Tapi ada juga yang gak bisa bayar harus kena denda sosial, mulai dari yang ringan macam push up, disuruh nyapu banjar, sampai nyapu jalan.

Penegak aturan bukan cuma pak polisi, tapi juga pecalang dan khususnya ada tim dari desa adat, jadi kalo gak pake masker di bali udah berasa aneh banget.

Tapi ya, jadinya sering ketemu orang gak pake helm tapi pake masker, seolah gak pake helm sendiri bukan masalah. Kayaknya memang pake masker lebih penting dibanding pake helm 😳

Masalah lain, beberapa kali ketemu pengendara motor pake masker bolong, yang bolong di mulut buat dipake ngerokok waktu di jalan, ini nih bikin sakit mata, nyebelin.

Ya, masa pandemi memang ngurangin populasi perokok di jalan, cuma sepertinya ada perubahan pola pikir dari standar yang biasanya ada 😉

MnM

Leave a Reply

%d bloggers like this: