Jualan Fashion Wanita? Inilah Biaya Admin 5 Marketplace Indonesia 2023

Halo semua, lama tak jumpa 😀 , jadi sekarang sepertinya orang Indonesia sudah terlalu mengandalkan pasar online aka marketplace untuk belanja onlen, termasuk fashion wanita. Nah, untuk para penjual, kira-kira berapa ya biaya admin untuk 6 marketplace terbaik di tanah air ini?

Apa gunanya tau biaya admin? ya kan untuk memperhitungkan margin keuntungan yang didapat, biar tetap untung.

Nggak mungkin kan jualan tapi nombok, gara-gara ngambil selisih antara harga modal dan jual yang terlalu sedikit?

Apalagi marketplace terus menaikkan biaya admin, kenapa naik? ya tentu saja supaya marketplace bisa untung, capek juga bakar duit sampai merugi, jelas nggak sehat, dan bikin investor jengah.

Disini kami ambil sampel dari kategori fashion wanita, karena memang kategori ini begitu gemuk, peminat selalu tinggi, dan pasar tidak pernah sepi, dinamis sekali ya.

Kami ambil kategori non-mall atau non-official store, dan opsi seller terverifikasi. Untuk marketplace yang kami ambil sebatas yang populer dan iklannya sering nongol di TV.

Oke, sudah cukup lah basa basinya :mrgreen: , cuma biar tahu aja kok

Ini kami sudah rangking dari yang termahal sampai yang termurah. Biar fair, total biaya admin digabung dengan biaya layanan gratis ongkir.

Shopee 4.7% – 1 Januari 2023

Biaya admin Shopee per 1 Januari 2023, Klik untuk memperbesar

Biaya layanan untuk marketplace laris dengan UI dan App super berat yakni Shopee adalah 4.7% untuk fashion wanita (kategori A), dengan opsi Star Seller+.

Adapun biaya untuk Gratis ongkir Xtra mencapai 4%, jadi untuk dapat potensi toko yang laris, bisa kena potongan 8.7% atau setara 8700 rupiah kalo baju seharga 100 ribu rupiah berhasil terjual, walaupun pembeli nggak pakai kupon gratis ongkir Xtra. Otomatis menobatkan Shopee sebagai yang termahal.

Tokopedia 4.5% – 2 Januari 2023

Warung ijo ini membebankan 4.5% untuk tiap produk terjual, tepatnya di kategori A, pada seller Power Merchant, baik itu biasa ataupun PRO.

Tapi tunggu dulu, kayaknya Bebas Ongkir di Tokopedia sebaiknya diaktifin deh 😀 , jadi bakal nambah 4% lagi, anggaplah supaya toko laris dan pembeli dapet potongan ongkir, penjual harus bersedia kena 8.5% atau setara 8500 Rupiah tiap baju 100 ribu Rupiah yang terjual.

Tapi nggak seperti Shopee, kalo pembeli di Tokopedia tidak pakai Bebas ongkir, maka potongan tetap 4% saja.

Blibli: 7 Maret 2023: 5% wedding-8% lainnya

Biaya Admin Seller Blibli 2023

Update terakhir Belibeliiii pada tanggal 7 Maret 2023 melesatkan ke rangking tertinggi untuk biaya admin termahal, dengan 5% untuk kategori wedding dan 8% untuk kategori fashion wanita secara umum, tapi sisi positifnya, hitungan ini sudah termasuk biaya layanan untuk gratis ongkir.

Jadi, untuk jualan baju 100.000 rupiah, bakal kena potongan 8000 per pcs terjual.

Lazada – 1 Maret 2023:

Marketplace yang iklannya gencar di TV dan iklan unduh bajak laut yakni Lazada, punya sistem perhitungan yang sedikit ribet. Disini yang dipakai adalah Super Seller dengan kategori A untuk fashion wanita, jadi bakal kena biaya transaksi 1.82% + biaya super seller 0.67% + komisi 0.68%, total 3,16%. Baju senilai 100.000 kalo berhasil terjual bakal kena potongan 3160 Rupiah.

Tapi nih, tapi, biaya untuk supaya pembeli dapet potongan ongkir lebih banyak adalah ikut program Free Shipping Max dengan potongan 3.5%, jadi anggaplah bakal kena potongan 6.66%, wih, angka cantik :mrgreen:

Bukalapak 2% – 16 Januari 2023

Marketplace yang saat ini makin terjun bebas, dari Hero to Zero, sekarang menjadi marketplace dengan biaya layanan termurah, yakni cuma 2% saja untuk Super Seller, pada fashion wanita kategori A. Jadi potongan cuma 2000 perak kalo harga baju nya 100 ribu rupiah.

Dan hebatnya lagi, biaya layanan 2% tersebut sudah termasuk biaya program gratis ongkir, yang disebut sebagai “No Ongkir” oleh Bukalapak, jadi murahnya benar-benar murah.

Bukalapak sudah banyak berubah, aplikasi yang ringan dan tentunya harga yang kompetitif. Kalo masalah UI, bagi yang terbiasa tentu bukan masalah, karena fiturnya juga lengkap. Bagus juga bukalapak meningkatkan kualitas situsnya dibanding sibuk beriklan di TV.

Potensi Baru: Tiktok Shop: 1% + 2000

Marketplace yang terhitung baru, yakni Tiktok Shop punya potensi besar sebagai calon pesaing dari kelima diatas, itu karena pengguna tiktok di Indonesia juga banyak, dan sejauh ini biaya admin yang cuma 1% + tambahan flat 2000 Rupiah.

Anggap kalo harga barangnya 100 ribu Rupiah, maka bakal kena 1000 + 2000 = 3000 Rupiah saja, kalo barangnya dibawah 100 ribu kayaknya tetep lumayan ya, lain cerita kalo harga barang diatas 100 ribu, ini jelas menguntungkan.

Sayangnya, ada rumor kalo di 2023 ini bakal ada biaya tambahan berupa ongkir extra senilai 3%, selain itu ketatnya peraturan dan lamanya pencairan dana bakal jadi tantangan tersendiri buat para seller di Tiktok Shop.

Ok, lantas gimana kalo nggak mau ikutan program gratis ongkir? bisa saja, berarti urutannya bakal berubah, menjadi Blibli, lalu Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak.

Ya, namanya saja di marketplace, karena persaingannya begitu panas dan sengit, kadang sampai nggak mikirin margin keuntungan.

MnM

One Response to “Jualan Fashion Wanita? Inilah Biaya Admin 5 Marketplace Indonesia 2023”
  1. kaos subang December 27, 2023

Leave a Reply

%d bloggers like this: