Pemandangan Bagus di Jalur Kereta Bandung-Ciawi

jalan kereta api jabar (1)

Halo bro semua 😀 , Waktu ke bandung beberapa waktu lalu, saya berangkat dari Jogja ke Bandung naik Pasundan, naik kereta api supaya bisa lihat pemandangan yang katanya bagus, tapi sayangnya hari gelap sampai stasiun ciawi, dan sampai bandung jam 22.30 Malem, jadi diputuskan kalo pulang juga naik pasundan yang berangkat dari kiaracondong jam 05.30 pagi.

Perjalanan dengan pemandangan mainstream 🙄 dan biasa berupa hamparan perumahan dan persawahan dari St. Kiaracondong sampai Nagreg seperti gambar diatas ini, baru mulai dari St. Nagreg, kereta terus menanjak sampai St. cipeundeuy, yang kata petugas KA katanya stasiun tertinggi di rute jabarsel, Pemandangannya mantep abis bro, kadang kiri kanan tebing, kadang kanan tebing dan kiri jurang, tebingnya unik banget, sekilas terlihat rentan longsor, tapi disaat bersamaan sepertinya mantep banget kalo ngelihat ranting pohon di tepian yang mepet banget dengan kereta.

jalan kereta api jabar (2)

Sebelumnya,,, di daerah St. Cibatu, terlihat ada kabut yang turun… gile,,,, malah jadi dingin gini, padahal udah jam 7 an, malah berkabut. Dan Kalo kita perhatikan, top speed kereta di tanjakan sebelum st. Cipeundeuy cuma 50 Kpj, memang rendah sih,,, kerasa kalo kereta memang lambat benerr :mrgreen: , sampai sebelum stasiun ini banyak banget ditemuin jalan layang rel seperti gambar kedua dari atas ini, mantep kan ya, pemandangan bagus gini cuma bisa disaingi di rute kereta Jember – Banyuwangi, bedanya rute itu tinggi dan juga terlalu banyak pohon.

jalan kereta api jabar (3)

Di jalur kereta ini, banyak tikugan tajam… ya tau lah maksudnya, buat kereta api, seperti gambar diatas ini, tikungan ini ada dimana-mana mulai dari Nagreg sampai Ciawi, dari bukit sampai hamparan sawah, kadang kalo beruntung si Kereta ini bakal GaJe dengan berhenti di tengah sawah :mrgreen: nunggu sinyal ijo sih kayaknya.

Dari Jalur St. Cipeundeuy sampai Ciawi, top speed kereta sampai 75 kpj, beda dengan jalur menanjak sebaliknya yang juga cuma 55 Kpj, yeah, namanya juga nanjak 😉 , Lepas dari St. Ciawi, ke Tasikmalaya, pemandangan bagus juga tapi mainstream, hamparan sawah dan rumah penduduk, sempet ngantuk juga… kebangun di St. Banjar buat makan… makan apa? itu tuh, Nasi ayam yang ada kacang polongnya, tau?? 😀

MnM

 

3 Responses to “Pemandangan Bagus di Jalur Kereta Bandung-Ciawi”
  1. ipanase November 1, 2013
  2. Aa Ikhwan November 1, 2013
  3. mottobiker November 1, 2013

Leave a Reply