Waspada Penipuan: Ngaku-ngaku Kerabat Ditangkap Polisi Minta Uang!!

images

Halo bro semua 😀 , Akhir September 2015 kemarin dapet lagi pengalaman kurang menyenangkan dicampur greget, penipuan ini sifatnya bener-bener unik dan berbeda dari yang lain, dilihat dari modus operandinya, sepertinya sudah terlatih.

Langsung saja saya jelasin kronologisnya.

Yang pertama penipu ini menelpon mbah saya, Penelpon ngaku-ngaku kerabat yang difitnah nyolong motor dan ditangkap polisi lengkap dengan buktinya, tapi korban yang motor nya dicolong tersebut minta berdamai saja, minta kurang lebih 5 juta Rupiah 😯

Tapi dia berhasil nego uang damai jadi cukup bayar 3 juta saja, Penipu meminta dan meminjam uang dari mbah saya dan janji bakal dikembalikan begitu gajian, mbah saya ini serasa terhipnotis (memang umurnya hampir kepala 8) setelah 2 hari telpon-telponan dan mentransfer 3 juta tersebut ke penipu, setelah itu ilang dah si penipu 😥

Lalu gimana kok bisa gak ketauan kalo itu penipu? disinilah letak profesionalisme nya, analisa saya sebagai berikut.

  1. Yang tertipu dibiarkan bicara dahulu, dilihat logatnya… bila medok, maka diajak bahasa jawa
  2. Jadi hanya dengan kata pertama bisa ketahuan ini dari suku mana, penipu ini menguasai berbagai bahasa daerah…
  3. Ketika yang tertipu ini tanya nama, cukup bilang “ini saya pak, yang di jakarta (atau kota lain) dan yang tertipu ini nebak nama misalnya “Oh,,, budi anaknya si A”
  4. Penipu mengiyakan saja, bila bukan keluarga, penipu memohon ke calon tertipu supaya keluarganya gak tau
  5. Selanjutnya tinggal skill berbicara dan berbohong saja sampai berhasil.

Gak lama kemudian penipu serupa menelpon kerabat saya yang lain, dia cerita kalo tiba-tiba ada cowok nelpon sambil nangis “Huuu…. ditangkap polisii…” gitu terus, ketika ditanya “Siapa sih ini”, dijawab gak jelas, seakan meminta untuk ditebak namanya.

Si cowok nangis ini semakin sesenggukan dan ketika terus ditekan minta sebut namanya, si penipu menyerah dan menyebut namanya terlebih dulu… tentu dengan suara yang sesenggukan juga dan nama yang tidak jelas, kerabat saya bilang “Gak kenal”, maka langsung ditutup deh telponnya :mrgreen:

penipuan lewat telepon

Oke, lupakan mama atau pacar minta pulsa, keahlian mempengaruhi dan berbohong disini sudah berada di level yang berbeda, bila sudah membaca artikel ini dan mengalami hal serupa, paling enggak langsung ketebak lahh 😉

MnM

3 Responses to “Waspada Penipuan: Ngaku-ngaku Kerabat Ditangkap Polisi Minta Uang!!”
  1. kusnanto October 5, 2015
  2. ulatkobra October 5, 2015
  3. Legenda October 5, 2015

Leave a Reply