Pengalaman Suspend Blog Otomercon dan Migrasi WordPress.Com

Halo semua 😀 , Hal yang cukup bikin kesel saat baru pulang liburan panjang di jawa, mendapati blog otomercon.com yang kena suspend dari WordPress.com. Dan ternyata ada 3 blog lain yang kena dari akun yang sama, mantap dah!

Jadi total ada 4 blog yang kena, semuanya dibilang karena melanggar TOS WordPress, dan ternyata ada gejala suspend blog masal pada awal Januari 2019, karena di forum wordpress.com banyak yang ngamok-ngamok.

Nah, kenapa Otomercon.com kena suspend? entah kenapa, yang jelas tiap kali ditanyakan, tidak ada jawaban, dan bilangnya melanggar peraturan. Yang mungkin, misalnya dianggap spam karena kebanyakan jemur link di blog lain, dan yang terbaru yaitu masang iklan berbayar atau link berbayar, dan blog ini udah pernah kena teguran itu sebelumnya.

Cuma ya gitu, pihak wordpress/automatic sama sekali nggak bisa nunjukin letak kesalahan pastinya dimana, bilangnya melanggar peraturan aja.

Proses Restorasi Blog Otomercon

Ternyata lebih sulit dari yang diduga karena blog disuspend, jadi harus kontak pihak wordpressnya dulu, setelah itu kuncian wp-admin dibuka dan menu export dibuka hanya selama 2 minggu, dari tanggal 11 – 25 Januari.

Setelah itu semua isi blog diexport, lalu pindah kepengurusan domain. Harus diakui kalo domain yang host di wordpress ini termasuk mahal, karena kena biaya mapping yang totalnya semua jadi $18, sedangkan kalo beli domain di tempat biasa paling mahal cuma $10, dan itu sudah gratis privasi dan SSL.

Ternyata masalah lagi, karena proses perpindahan kepengurusan domain dari wordpress ke tempat baru dibilang butuh waktu 5 hari, yang disebut sebagai proses “release”, tapi nyatanya!!!, perlu sampai 1 minggu lebih, tepatnya 8 hari.

Saat domain sudah berhasil di transfer, masalah nggak kunjung selesai, karena walaupun isi blog berhasil diimport di otomercon.com yang baru, tapi ternyata proses “download dan import file attachment” gatot alias gagal total.

Langsung aja ngamok ke wordpress lagi via email, minta dibuka kuncian suspend supaya bisa import file secara langsung, tapi katanya sudah nggak bisa lagi karena proses pindah hosting sudah dilakukan, jadi satu-satunya cara untuk pindah file attachment harus lewat export manual dari wordpress yang lama.

Nah, pihak wordpress janji bakal mengeksport manual file-file attachment gambar yang ada di blog sebelumnya, disuruh nunggu lagi 3 – 5 hari.

Setelah 5 hari selesai, dikasih deh link download via dropbox, total ada 550 MB (kecil banget yak) untuk 1800 an artikel. Langsung saja masukin gambar-gambar itu ke hosting baru, melalui menu file manager.

Agghh… masalah lagi muncul, gak tanggung-tanggung 3 sekaligus.

  1. Gambar yang sudah diupload ke file manager/wp-content nggak mau muncul di daftar media dan artikel.
  2. Permalink pada gambar dan link internal berantakan.
  3. Karena sebelum suspend masih pake versi WP dengan metode penulisan lama (sebelum versi 5), maka setelah pakai WP versi baru (versi 5 keatas), maka penampilan artikel agak berantakan, misalnya di bagian alinea dan format paragraf.

Cara penyelesaian yang masalah pertama, yaitu mengubah permission di file manager, kalo gambar langsung diupload secara manual, maka permisson defaultnya adalah 600, jadi diubah secara masal ke 644, caranya select all, lalu pilih permission, di cek semua di bagian atas.

Masalah kedua agak rumit dan tricky, kalo ini ada dua cara, yakni mengubah langsung melalui phpmyadmin di cpanel, atau menggunakan plugin Velvet Blues.

Plugin Velvet Blues mampu mengubah URL yang ada pada konten, muali dari post, deskripsi gambar, sinopsi dan lainnya, Caranya, dari menu Tools > Update Urls, lalu pilih bagian yang diubah, dalam hal ini otomercon sebagai berikut.

Misalnya sebuah gambar yang linknya adalah : https://otomercon.files.wordpress.com/2018/12/yamaha-xmax-250-2018-1.jpg, lalu diubah ke
https://www.otomercon.com/wp-content/uploads/2018/12/yamaha-xmax-250-2018-1.jpg

Maka yang ditulis pada kolong URL lama adalah
https://otomercon.files.wordpress.com/ dan pada kolom URL baru adalah
https://www.otomercon.com/wp-content/uploads/

Oke, masalah kedua sudah selesai, saatnya masalah ketiga yang paling rumit. Sepertinya satu-satunya cara adalah dengan mengembalikan ke versi sebelum versi 5, lalu diupdate manual.

Dan karena pakai tema blog yang spesial seperti ini, maka beberapa post yang menggunakan ‘Featured Image’ tidak bisa menampilkan gambar, jadi harus di set secara manual.

Sejauh ini masih belum ketemu bagaimana cara supaya cepat, masak iya mengedit 1800 an post satu-persatu? edan lah!! :mrgreen: Nanti akan diupdate kalo sudah berhasil.

MnM

2 Responses to “Pengalaman Suspend Blog Otomercon dan Migrasi WordPress.Com”
  1. nbsusanto March 5, 2019
    • otomerc March 11, 2019

Leave a Reply