Tips Packing dan Kirim Barang Secara Efisien, Supaya Tidak Rusak


Halo bro semua 😀 , Pengalaman lebih dari 5 tahun jualan dan belanja online, yang saat ini tidak bisa terpisahkan di kehidupan sehari-hari, setidaknya pingin berbagi sedikit tips dan trik menyiasati supaya barang bisa selamat sampai tujuan dan pelanggan puas.
Di era digital dimana orang pada males keluar rumah gara-gara jalanan macet 😆 maka solusi belanja online memang praktis, apalagi sering ada promo dan gratis ongkir, jadinya harga produk lebih murah daripada beli di deket rumah.
Permasalahan yang klasik itu justru ada di pengiriman, terutama yang jualan barang sensitif, misalnya snack, cairan, elektronik dan lainnya, bakal dilematis kalo packing terlalu ribet, buang-buang sumber daya, lakban, buble, ujung-ujungnya susah dibuka oleh pembeli.
Tau sendiri kan kalo jasa pengiriman itu, tumbuk-tumpuk segunung, lempar sana sini. Tidak sedikit yang rusak atau minimal penyok sampai di tujuan.

Nah, disini mercon dari Otomercon.com mau sharing sedikit mengenai packing efisien. Berdasarkan barang yang pernah saya coba kirim dan pernah saya belanja saja. Saya bagi 3, yaitu
Kategori barang Aman
Ini sih, termasuk dari kain dan baju, karpet, atau bahan lain yang gak rusak walau berubah bentuk. Kemudian barang keras solid seperti palu, batu dan alat perkakas simpel lainnya, itu packing normal saja tidak akan bermasalah.
Kategori barang Kompleks
Barang kompleks yakni barang yang tersusun dari komponen. Misalnya adalah gadget baru, smartphone, kamera dll, maka ada dua pertimbangan. Yakni kekuatan box dan ukuran Box kemasan, bila box kecil dan kuat, maka cukup dibungkus biasa atau tambah bubel secukupnya.
Makin besar ukuran box atau makin lemah box tersebut, maka perlu buble lebih besar. Dan bila barang itu mahal dan rentan misal laptop atau monitor, maka disarankan packing kayu.
Adapun untuk elektronik murah misal AC portable, mesin jahit mini dll, atau aksesoris murah lainnya, bisa mengikuti aturan box diatas.

Kategori Barang Rentan
Barang yang tidak kuat akan tekanan, seperti Snack dan minuman yang dikemas plastik, percuma juga kalo di bubble karena bila tertekan akan jebol juga, disarankan pakai kardus apapun yang melindunginya dari tekanan.
Termasuk barang rentan yakni stiker, elektronik tanpa pelindung atau apapun yang mudah berubah bentuk bila kena tekanan, dan saat berubah bentuk tersebut maka fungsinya juga ikut berubah.
Pengkategorian barang biasanya tidak mutlak harus masuk ke 3 kategori diatas, bisa jadi ada produk lain yang susah diklasifikasi.
MnM

Leave a Reply