Pengalaman Belanja di Tokopedia Indonesia

og_tokopedia
Halo bro semua 😀 , Pengalaman Belanja di Tokopedia ini sebenernya sudah agak lama saya dapatkan, tapi kali ini saya coba sharing, Beberapa waktu lalu saya coba untuk membeli sebuah casing keras (hard cover) buat Sony Xperia E saya yang lama dan kini sudah diwariskan ke adek, harganya cukup murah yaitu 45000 saja.
Reputasi toko nya waktu itu gak ada, sepertinya toko baru, Di beberapa keterangannya disebutkan berat barang 10 gram, ukuran, jenis, bahan, kondisi dan lain-lain.
Saya pilih warna ungu, lalu saya tekan tombol beli, langsung bayar, pilihan metode pembayarannya lumayan banyak, ada transfer bank, Mandiri e-cash dan lain-lain, saya lebih milih yang metode pembayarannya cepat diverivikasinya yaitu Mandiri e-cash.
Lokasi toko nya di Jakarta, dan ongkos kirim via JNE adalah 16000, jadi total yang harus dibayar adalah Rp. 61.000,- checkout, bayar dan kemudian menunggu respon dari seller nya.
Besok nya saya cek ternyata barang sudah dikirim dengan disebutkan nomer resi JNE nya, disitu ada pilihan apakah barangnya sudah diterima atau belum. Gak lama kemudian adek di pulau seberang SMS bilang kalo barangnya sudah diterima dengan baik, selamat dan tinggal dipasang saja, barangnya bagus ternyata 😎
Kemudian saya login lagi ke Tokopedia dan mengkonfirmasi kalo barang sudah diterima dengan baik, sehingga seller bisa menerima pembayaran. Sebenernya kalo melihat dari sistem transaksi antar buyer, Tokopedia berfungsi seperti Rekber alias perantara, jadi dana nya akan tertahan (tidak masuk ke credit Seller) apabila pembeli gak mengkonfirmasi sudah diterima, jadi dari segi transaksi pun aman dari penipuan.
Yang justru berpotensi nakal adalah Pembeli nya, tapi saya yakin deh kalo pembeli online jaman sekarang pinter-pinter kok 😉 Sekian dulu pengalaman beli barang di Tokopedia, Oh iya, saya juga coba-coba bikin toko di tokopedia, silahkan di cek disini 
MnM

4 Responses to “Pengalaman Belanja di Tokopedia Indonesia”
  1. Yoshi December 20, 2014
  2. Sekar February 11, 2015
  3. Pusatpay December 5, 2015
  4. Super Gameshop January 18, 2016

Leave a Reply