Rupiah Melemah: Supplier gak bisa lagi Impor Barang (2015)

beras

Halo bro semua 😀 , Masih inget dengan artikel Otomercon sebelumnya tentang Inflasi dan Utang, coba deh baca disini, ternyata ada lanjutannya, entah ini menarik atau tidak bagi pembaca tapi bagi saya ini termasuk hal yang menarik sekaligus cukup merepotkan.

Sang Supplier yang royal tersebut mengatakan kalo dia sudah gak bisa lagi impor barang, sebenernya bisa tapi keadaan yang memaksa buat gak ngimpor barang, setelah diskusi dengan supplier tersebut saya bisa simpulkan penyebabnya tapi mungkin gak 100% akurat karena saya kurang begitu paham tentang bisnisnya.

Pertama: Rupiah yang terus melemah terhadap dollar, dan juga gak stabil, meskipun kalo impor ke Taiwan harusnya pake TWD (Dollar Taiwan) tapi pengaruh USD masih tetep ada, entah kenapa begitu. Jadinya kalo Dollar gak turun-turun malah gak belanja lagi donk?? oke, simak poin kedua ➡

Kedua: Daya beli menurun, terus menguatnya dollar membuat harga barang impor jadi melonjak, akibatnya harga barang pun naik dan daya beli masyarakat terhadap kebutuhan sekunder semakin berkurang.

Ketiga: Biaya Operasional dan Logistik juga tambah mahal, yang ini lebih dilematis.

Keempat: Banyak barang Macet, Barang macet sangat gak asyik, selain gak efisien tempat juga semakin lama bakal semakin “berkarat”, salah satu Supplier lain di Surabaya bahkan menjual dengan harga modal hingga setengah harga, dan toko saya salah satu pembelinya :mrgreen:

Cuma itu saja info yang saya dapat, Rasanya aneh kalo ngomongin bisnis tapi rada nyerempet ke politik, cuma sekedar share aja, bisa jadi ini yang sebenernya terjadi di balik maraknya PHK akhir-akhir ini. Golongan “Orang kaya” dan pengusaha besar mengambil langkah ini agar tetap mendapat keuntungan ditengah “iklim” yang gak sehat.

MnM

One Response to “Rupiah Melemah: Supplier gak bisa lagi Impor Barang (2015)”
  1. Redribbon Army August 24, 2015

Leave a Reply