Mengapa Situs / Website Kaleng Bisa Sangat Berbahaya??

website kaleng

Halo bro semua 😀 , apa ada yang tau website / situs kaleng?? ya… secara garis besar adalah situs yang tidak jelas siapa redaksi, pengelola atau pemiliknya, mungkin punya keterkaitan dengan surat kaleng yang biasa populer di sinetron (adminnya bukan penikmat sinetron… beneran!!) dimana surat tersebut berisi ancaman tanpa ada info pengirimnya.

Setiap orang di jaman sekarang bisa dengan bebas membuat website atau blog dengan domain TLD sendiri atau hanya gratisan, dan pemilik blog tersebut bisa dengan mudah membuat/ mengalihkan/ membenturkan opini / fakta atau “membuat opini menjadi fakta” dan disebarkan melalui website tersebut.

Nah, website kaleng atau yang tidak jelas kredibilitas, siapa pemiliknya dan info lainnya itu biasanya hanya mementingkan isi, mungkin sifatnya demi menguntungkan golongan tertentu.

Mengapa Situs / Website Kaleng bisa jadi Berbahaya

Pertama, Pemilik dan Pengelola nya tidak bertanggung jawab terhadap setiap kalimat / kata yang ada di website nya, jadi terserah dia mau bilang “Besok Kiamat” juga gak masalah 😯 , berarti hanya orang tolol bin goblok yang walaupun hanya sedikit percaya, lalu menyebarkannya.

Rawan Malware, Pemilik dan pengelola biasanya tidak bertanggung jawab terhadap isi, script, widget maupun plugin yang digunakan, sehingga sangat tidak aman dikunjungi.

Situs Kaleng biasanya dibuat oleh orang Munafik, Dipercayai oleh orang Bodoh dan disebarkan oleh orang yang Fasik

Membuat dan menyebarkan berita bohong / rumor itu mudah, tapi menyebarkan kebenaran lebih sulit dan berharga karena sulit didapat.

Mengapa mereka membuat situs kaleng? karena jelas mereka tidak yakin dengan isi yang mereka tulis, dengan kata lain… mereka yakin bahwa isi website kaleng tersebut berisi kebohongan dan membelokkan fakta, pengelola nya tidak mau nama nya tercemar bila diketahui oleh pembaca yang cerdas 🙄

Pasukan Bayaran, ada juga situs kaleng yang dibuat sebagai pesanan dari pihak tertentu untuk membelokkan opini dan menukar fakta

Contoh Situs Kaleng berbahaya: Islamtoleran, Lensaberita.net

Bagaimana website yang tidak Kaleng??

Intinya adalah website yang memenuhi kualitas standar webmaster dari Google, poinnya sebagai berikut.

Minimal adalah data kepemilikan website dan kontak yang bisa dihubungi, minimal melalui surel.

Deskripsi ‘tentang kami’ berisi info redaksi dan benar-benar dikonfirmasi benar siapa pemiliknya, bila ada nama-nama dan foto atau CP tentang pengelola itu hal mudah dan bisa dimanipulasi, jadi minimal adalah konfirmasi pemilik.

Info Disclaimer yang menjelaskan tentang isi konten dan hal-hal berkaitan dengan website tersebut.

Bila dikelola oleh lebih dari 1 orang, setiap posting harus diketahui siapa author nya.

Sekian dulu, post ini bakal saya update begitu ada ‘lampu’ di atas kepala saya 😉

MnM

2 Responses to “Mengapa Situs / Website Kaleng Bisa Sangat Berbahaya??”
  1. Triyanto Banyumasan October 11, 2015
  2. gaplek mania October 20, 2015

Leave a Reply