Tips Merawat Ban dan Cakram Motor

Halo bro semua… menarik kali ini kita bahas, banyak yang merasa kalau ban motornya cepet banget aus, padahal mereka selalu berjalan di jalan yang mulus dan cara mengendara yang bagus, weits… ada yang lebih penting bro… cek dibawah…

Ada juga yang merasa rem cakram, tepatnya di bagian cakramnya yang cepat tipis, padahal baru beberapa ribu km… wah ada yang salah nih….

Merawat ban motor.

1. Cek tekanan ban –

wah, kalau yang ini bakal mempengaruhi stabilitas, kenyamanan dan keseimbangan bro, terlalu keras ban juga nggak baik untuk jalan rusak, kalau terlalu lembek juga bisa mempercepat keausan ban, alur yang berfungsi kala hari hujan jadi nggak berguna. Usahakan seringlah cek tekanan ban, standar ban depan sekitar 1.8 – 2.2 kg/cm2 dan belakang 2.05 – 2.45 kg/cm2 atau yang biasa di pom bensin menggunakan satuan psi, depan SW 25-28 dan belakang SW 32-35 dan untuk yang depan CW 28-30 dan belakang CW 32-35.

2. Periksa Kebocoran Pentil

Kalau motor udah pernah ditambal… biasanya ada bocor halus lagi. periksa saja… penting, caranya buka tutup pentil terus beri air sabun diatas lubang pentil, kalau ada gelembung, kemungkinan besar udah bocor. kerasin aja dengan alat pengeras pentil, kalau masih bocor juga… ganti aja dengan yang baru.

3. Pasang Ban Sesuai Ukuran

Ini nih… banyak motor yang banya lebih kecil atau lebih besar, biasanya yang sering saya lihat pada motor matic, kalau ukuran tidak sesuai biasanya udah nggak nyaman dan aman lagi, bisa merusak onderdil tertentu…

4. Mengerem.

Jangan terlalu sering mengerem ekstrim, apalagi sampai ngepoot… usahakan mengerem jauh, daripada mengerem dekat… selain bisa menipiskan ban, juga bisa menipiskan rem cakram lebih cepat.

5. Cara Berkendara.

Jangan terlalu memberi beban berat pada motor, bisa membuat ban cepat aus, usahakan cari jalan yang bagus… kalau motor yang biasa berkecepatan tinggi, selalu cek kondisi ban.

– Merawat Cakram Motor (Disc Brake)

1. Cara mengerem

Usahakan mengerem jauh sebelum batas akhir, tarik rem pelan-pelan secara bersamaan depan dan belakang, ini penting sekali, karena bisa mempengaruhi ban.

2. Apabila Karatan

Bersihkan bagian yang karatan dengan menggunakan bensin… setelah karat hilang, beri oli secukupnya dengan catatan jangan pada piringan yang bersentuhan dengan rumah cakram, takutnya remnya selip… xixixi 😀

3. Paling Penting : Kepakeman Rem

Biasanya motor yang sudah tua, kepakeman remnya berkurang, biasanya dengan cek kepakeman rem dengan berjalan dengan kecepatan 60 km/jam, lalu mengerem sekuat mungkin, kalau anda merasa tidak pakem, jangan dipaksakan dibawa… bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. segera cek ke bengkel.

Sekian dulu bro… ada yang mau ditambahkan dari kekurangan diatas…?

silahkan kritik, saran dan tanggapannya… Semoga Bermanfaat.

Mercon Motors (MnM)

7 Responses to “Tips Merawat Ban dan Cakram Motor”
  1. Hartchenko May 27, 2010
  2. roby May 28, 2010
  3. martini May 28, 2010
  4. Joe Trizilo May 28, 2010
  5. Badboy May 28, 2010
  6. dismas not dimas May 28, 2010

Leave a Reply