Seri CBR Bagian 4 : CBR 250, Dari Dulu Hingga Sekarang

halo bro semua… pa kabar… …

Ini udah artikel CBR saya yang ke 4, moga-moga g bosen…

kok CBR terus? iya… soalnya saya suka… xixixi 😀

asyiknya punya motor CBR, kemana – mana bisa gaya… dan cepaaattt… 👿

Dari artikel saya yang sebelumnya macam CBR 125, CBR 150R, dan CBR 150RR

Kali ini cc nya naik lagi, yup… Honda CBR 250 R, Untuk seri ini diproduksi antara tahun 1986 dan 1996 (10 Tahun), memiliki 4 silinder, 4 stroke dan sport 6 gear yang mampu mencapai 19.000 rpm… kenceng yach… 🙄

CBR 250 tahun 1986

CBR 250 dari tahun 1986 – 1987 modelnya bener bener menyatu dengan rangka, fairingnya yang kelihatan penuh, membuat tampilanya sporti banget  di masanya…

Tapi kalo diliat dari depan mirip kawak ninja ya,,, tempat duduknya pun masih menyatu dan spatbor yang lagi tren di jamannya… juga lampunya yang masih menyatu.

CBR250R (MC19) dibuat tahun 87-90. Ini cukup bagus, tampak sedikit kurang modern dibandingkan dengan generasi selanjutnya (MC22)

Di seri ini, Tempat duduk rider dan boncenger sudah memisah… dan desain yang baru, fairingnya membuat motor ini kelihatan lebih kekar

oh iya… motor generasi ini diklaim memiliki stabilitas yang baik dan suspensi yang mantap sehingga cocok untuk berbagai macam kondisi jalan

CBR 250R seri MC19... 🙄

CBR 250R tahun 1898 , masih generasi MC19 🙄

CBR 250 R Generasi MC22 , Ada beberapa sumber yang menyebutkan kalau motor ini sebenarnya adalah CBR 250 RR generasi awal, tapi perbedaanya sangat jelas… motor ini diproduksi antara 1990 – 1994 atau lebih, dengan fairing yang lebih mantap dan gaya, juga dengan cakram kembar di depan membuat manuver menjadi lebih lincah.

Saat itu motor ini harganya mencapai Rp. 48.000.000. (48 Juta), harganya bikin nyesek… xixixi 😀 gambarnya dibawah ini,

.

.

Honda CBR 250R edisi MC22 🙄

CBR 250R tahun 1993 - 1994

Nah ini dia Motor yang terbaru, terbarunya ya sekitar 1993 – 1994, udah keren, kalo motor luar ada perubahan biasanya mesinnya tambah bagus dan desainnya yang lebih modern.

Begitu juga dengan yang ini… Motor ini memiliki kemiringan khusus yaitu cenderung ke depan 35 derajat, yooo gunanya supaya asupan udara untuk bahan bakar terjaga dengan baik. selain itu motor ini juga dilengkapi dengan teknologi yang hampir sama dengan EFT (efficient & Low Friction Technology) , mirip punyanya absolute revo gitu deh…

Gambarnya di atas ini…

Nah, kalo spesifikasi lengkapnya bisa dilihat dibawah ini…

Semoga info yang sedikit ini bisa bermanfaat, silahkan kritik, saran dan tanggapanya… 😀

Mercon Motor

pic sumber : mbike.com & kaskus.us

Spesifikasi Honda CBR 250R

Panjang 2,000 mm
Lebar 685 mm
Tinggi 1,120 mm
Wheel-base 1,370 mm

Spesifikasi Mesin Honda CBR250R

Total displacement 0.249 litres
Tipe Mesin Petrol 4 stroke
Silinder 2 abreast
Konfig Mesin Inline 4 cylinder
Valve operation DOHC
Bore x stroke 48.5 mm x 33.8 mm
Rasio Kompresi 11.0
Tekanan Kompresi 13.0 kg/cm2 at 400 rpm
Maximum output 45 PS at 14,500 rpm
Torsi Mksimum 2.5 kg-m at 10,500 rpm
Valve operation time:
Intake open
Valve close
Exhaust open
Valve close
.
10° BTDC (1mm lifted)
40° ABDC (1mm lifted)
30° BBDC (1mm lifted)
10° BTDC (1mm lifted)
Valve clearance in 0.16 mm (cold)
Valve clearance out 0.23 mm (cold)
Idle speed 1,500 rpm
Lubrication Forced pressure
Oil filter Total flow
Oil Pump Trochoid rotor
Kapasitas Oli 2.7 liter
Sistem Pendingin Liquid

Sistem Bahan Bakar Honda CBR250R

Tipe Saringan Udara Viscous paper
Kapasitas Bahan Bakar 14.0 liter
Jenis Karburator VG01
Ukuran Piston Karburator 28 mm
Venturi diameter 25 mm
Pengapian 20° BTDC at 1,500 rpm
Spark plug NGk C8EH 9/ ND U24FE 9
Spark plug gap 0.8 – 0.9 mm
Battery 12V 8AH
Clutch type Multi – wet plate
Clutch operation Mechanical

Sistem Transmisi Honda CBR250R

Tipe Transmisi Constant mesh
Pengurangan Rasio Primer 2.966
Gear ratio:
1st
2nd
3rd
4th
5th
6th
.
2.733
2.000
1.590
1.333
1.153
1,035
Tipe Gear Rantai
Gear reduction ratio 3.071
Rem Depan Cakram  Hidrolik
Rem Belakang Cakram  Hidrolik
Suspensi Depan Telescopic fork
Suspensi Belakang Swing arm diamond
26 Responses to “Seri CBR Bagian 4 : CBR 250, Dari Dulu Hingga Sekarang”
  1. rafiq June 5, 2010
  2. ndaru June 5, 2010
  3. roby June 5, 2010
  4. lekdjie,dab! June 5, 2010
  5. lekdjie,dab! June 5, 2010
  6. Joe TZ June 5, 2010
  7. hampura June 5, 2010
  8. homesick June 5, 2010
  9. darucreepy June 5, 2010
  10. alrozzzi coolrider 2 June 5, 2010
  11. chi June 5, 2010
  12. hadiyanta June 6, 2010
  13. kentadis June 6, 2010
  14. Van Der Syur June 7, 2010
  15. Irwanrcv June 9, 2010
  16. LPG June 9, 2010
  17. FIFers July 4, 2010
  18. Taufik August 15, 2010

Leave a Reply