Penyebab Aki Motor Soak

Halo bro semuanya, yang dimaksud aki soak adalah aki yang sudah gak bisa dipake lagi alias modar alias lembiru :mrgreen: aki motor baik yang basah atau kering biasanya selalu mengalami soak, aki kering bisa bertahan 1-4 tahun tergantung perawatan, cara berkendara dan keberuntungan πŸ˜† Kalo Blade saya lumayan bisa tahan 2 tahun 10 bulan

Pertama kali aki blade soak pas malem hari, panik motor gak bisa di starter dan bunyi klakson kayak zombie lagi mukulin survivor, serem deh pokoknya *lebay :mrgreen: ,Kirain motor rusak, ternyata dikasih tau ama temen kalo aki motor cuma soak, ya sudahlah, besoknya ke ahass sambil ganti aki, wedehh,,, 160 ribu mahal juga yak

Tapi penyebab aki motor soak apa aja sih? nih saya kutip langsung dari pakar Aki KOBOYS cap Wonogiri

ada banyak penyebab rusaknya aki baik aki basah maupun kering

1. terminal ( + ) dan ( – ) di satukan, ya jelas konslet, paling meledak ( jangan dicoba 😯 )
2. penambahan aksesori tambahan yang haus daya seperti TOA dan peralatan ALAY lainya
3. perangkat keslitrikan motor sepeti kabel2 ada yang konslet, spull pengisian lemah dan kiprok lemah
4. tidak pernah dipakai ( motornya didiemin berbulan-bulan ), akinya lama-lama bakal soak
5. faktor lingkungan, misalnya didaerah panas, maka juga akan berpengaruh terhadap kesehatan si aki
6. kalau aki basah, mungkin karena air aki kebanyakan maupun kehabisan alias kering,,,..
7. kualitas aki yang memang buruk
8. faktor untung-untungan, kalau dapet aki bagus ya awet, kalo nggak bagus ya soak , biasanya sih QC pabrik ketat, kadi MITOS untung2an bisa diabaikan, seperti yang ditulis om mitra
9. takdir, hmmm, susah kalo gini
10. Tampang << Mutlak*

Nah, Saya sendiri baru tau kalo penyebab aki rusak itu begitu, monggo kalo ada koreksi atau pingin nambahin πŸ˜€

MnM – pic from KOBOYS

* hanya karangan saya 😳

20 Responses to “Penyebab Aki Motor Soak”
  1. ipanase June 20, 2012
  2. sinbe June 20, 2012
    • ipanase June 20, 2012
  3. Aa Ikhwan June 20, 2012
  4. wasisimmortal June 20, 2012
  5. kankkunk June 20, 2012
  6. hadi June 20, 2012
  7. Mercon C gak Mretelli June 21, 2012
    • mohan September 15, 2012
  8. Faldy Indah October 30, 2012
  9. Faisal May 11, 2013
  10. ifan49 May 28, 2013
  11. Muhamad ikbal sanjaya August 7, 2013
  12. lukman December 5, 2014
  13. lukman December 5, 2014
  14. Daniel January 29, 2015
  15. Micko-APW July 5, 2015
  16. Harga Aki Kering July 13, 2015
  17. Yuni ningsihh March 26, 2018

Leave a Reply

%d bloggers like this: